Monday, August 7, 2017

Siswa Kelas XII IPS Uji Coba Simulasi Ala UNBK



Pada Ujian Nasional mendatang dipastikan Madrasah Aliyah Negeri  5 Amuntai – Hulu Sungai Utara ( MAN 5 ) akan melaksanakan UNBK.  Hal ini ditandai dengan adanya bantuan pengadaan 1 buah server pada awal tahun anggaran 2017.

Belum berfungsinya server dan aplikasi UNBK yang resmi tak membuat salah satu guru mata pelajaran UN M.Yusuf kehilangan akal untuk melatih dan mengenalkan siswa kelas XII dengan UNBK.

Hasil mengikuti bimtek ICT BTIKP Kalsel dimanfaatkan Yusuf untuk membuat soal try out Geografi berupa 50 soal pilihan ganda, durasi 120 menit dengan menggunakan aplikasi quiz creator dan auto play. Kemudian , file soal seperti online tersebut disimpan pada 11 unit komputer praktik siswa.

Maka pada Sabtu ( 05/08/17 ), seluruh siswa kelas XII IPS pun dipersilahkan untuk mencoba melakukan simulasi UNBK. Mengingat ini adalah ujicoba perdana  dan berharap siswa meraih nilai yang maksimal , Yusuf  memberi jatah 1 komputer untuk 2 - 3 orang dan siswa boleh membawa buku dan berdiskusi. 



“Kedepan kita akan melaksanakan uji coba  mapel  UN dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika untuk  membuat jadwal sehingga bisa 1 siswa 1 komputer,” jelas Yusuf.  

“Dengan adanya uji coba ini diharapkan siswa kelas XII terbiasa mengerjakan soal dihadapan komputer sehingga memudahkan mereka saat UNBK ,” pungkas Yusuf.

Beberapa siswa yang ditemui merasa antara sedih dan senang saat ikut ujicoba. “ Senang karena asyik tapi sedih karena perlu konsentrasi mata ,tangan dan pikiran,” ungkap Dahlena.

“Mata harus fokus ke monitor, tangan harus bekerja antara mouse dan coret-coret kertas saat ada soal berhitung sehingga benar-benar menguras energi pikiran. Belum lagi melihat timer yang terus berjalan tetapi semua ini jelas membantu kami dalam mempersiapkan diri guna menghadapi UNBK,” lanjut Dahlena.

( rep/ft: humas )

No comments: