Home » , » Siswa Kelas X Agama Dilatih Berwirausaha Membuat Telur Asin

Siswa Kelas X Agama Dilatih Berwirausaha Membuat Telur Asin

Written By Unknown on Monday, March 28, 2016 | 11:30:00 AM

Dibawah bimbingan Rahmadi,S.Pd  , siswa kelas X Agama menyelesaikan praktik kerja Prakarya Wirausaha pembuatan telur asin pada Jum’at ( 18/3/16 ) .  Setelah tersimpan selama 1 minggu, setiap kelompok mencuci telur  hingga bersih, diberi nama dengan spidol dan  dikukus dengan air mendidih selama 1 jam. Kemudian telur pun dibangkit untuk didinginkan dan dibagi berdasarkan nama kelompok berdasarkan tulisan yang tertera pada kulit telur. Selanjutnya setiap kelompok saling bertukar telur asin agar bisa mengetahui tingkat keasinan telur. 

“ Nilai terbaik akan diberikan kepada kelompok yang memenuhi syarat seperti putih telur tidak lengket pada kulit dan tidak terlalu asin kemudian bagian kuning telur akan menggumpal seperti pasir dengan rasa yang khas,” ungkap Rahmadi sebelum mempersilahkan seluruh siswa untuk mengupas dan mencicipi telur asin.

Sebelumnya pada 7 hari yang lewat seluruh siswa untuk jam Prakarya , disuruh membawa telur itik mentah masing-masing 2 butir, kertas amplas, bata dan garam. Setelah dibagi dalam beberapa kelompok dan mendapat arahan dari Rahmadi , siswa pun langsung membersihkan telur dengan amplas, dengan spidol kulit telur diberi nama kelompok ,  diolesi dengan campuran tanah bata dan garam kemudian disimpan dalam sebuah tempat yang aman.

“ Salah satu tujuan pembuatan telur asin adalah melatih siswa untuk  berwirausaha, menambah keterampilan hidup  dan diharapkan mampu membantu perekonomian keluarga sebab proses isi sangat mudah dan modal yang diperlukan relatif kecil,” pungkas Rahmadi.

“Betul sekali, praktik ini menambah wawasan dan keahlian kami , terlebih setelah merasakan telur asin buatan sendiri yang tidak kalah dengan yang dijual diwarung-warung,” ungkap Saukani siswa kelas X Agama. Saukani juga berjanji kedepan secara mandiri akan mempraktikan dirumah dan mencoba memasarkan hasilnya minimal ke rekan-rekan sekelas dulu.

Share this article :

0 comments:

Pengunjung

GALLERY KEPALA MAN 5 AMUNTAI

Labels

e-Learning

My Link