Home » , » Dewan Guru Ikut Meminyaki Anak Yatim

Dewan Guru Ikut Meminyaki Anak Yatim

Written By Unknown on Monday, November 3, 2014 | 12:52:00 PM

 Bagi masyarakat Haur Gading, 10 Muharram disamping menjalankan puasa sunah juga melaksanakan sebuah tradisi Islami yaitu meminyaki kepala anak yatim piatu, sepert nampak di halaman komplek ponpes Nurul Fajeri.
Acara yang dilaksanakan Senin (03/11/14)  pagi  ini terlihat berlangsung sangat meriah.  Terlihat wajah ceria anak 102 anak yatim  yang duduk manis dikursi yang disediakan panitia. Satu persatu masyarakat berdatangan dan menyerahkan sumbangan ke panitia kemudian dengan penuh kasih sayang mereka berkeliling mengusap kepala anak yatim. 
Mengingat lokasi MAN 5 Amuntai berada dikomplek pesantren Nurul Fajeri, maka seluruh dewan guru pun turut menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada panitia kemudian menghampiri seluruh anak yatim sambil mengusap kepala mereka sambil terus berpesan agar tetap sekolah.
“Bantuan yang kita berikan memang tak seberapa tapi setidaknya kita bisa menghibur dan membuat wajah mereka ceria,”  kata  Drs.Baihaqi salah satu guru senior di MAN 5 Amuntai.
Menurut H.Nafi’i,S.Ag salah satu panitia, bantuan yang diterima berupa uang tunai hampir 25 juta rupiah, paket sembako dan lain-lain akan dibagi rata.
“Tradisi ini berlangsung sejak tahun 1952 dengan dasar hadits Rasulullah : Barang siapa yang  menyapu kepala anak yatim, memberikan kasih sayang dan memberi makanan maka Allah akan mengabulkan hajatnya. “Usapkan tangan yang telah diberi minyak ke kepala anak yatim laki-laki dari belakang hingga ubun-ubun dan anak yatim perempuan dari ubun-ubun hingga ke belakang,” jelas H.Nafí’i.


Share this article :

0 comments:

Pengunjung

GALLERY KEPALA MAN 5 AMUNTAI

Labels

e-Learning

My Link