Friday, March 14, 2014

Siswa MAN 5 Amuntai Sangat Kreatif Dalam Memanfaatkan Limbah Bekas

 Tidak dilaksanakannya ujian tertulis pada mata pelajaran Seni Budaya membuat Tamjidillah   memberikan tugas kerajinan tangan yang mengandung nilai seni atau memfaatkan limbah bekas kepada siswa kelas XII  dengan batas akhir pengumpulan awal bulan April. Hal ini dimaksudkan agar waktu luang siswa bisa diisi dengan  kegiatan yang bermanfaat dan menyalurkan bakat ,kreatif siswa dibidang kerajinan tangan yang nanti hasilnya akan dipamerkan pada saat perpisahan kelas XII usai UN yang akan datang.

Meskipun batas akhir pengumpulan tugas masih lama, terlihat sudah ada beberapa siswa yang mengumpul tugas. Hasil kerajinan tangan Zulzanah ( kelas XII IPS ) yang membuat miniatur mesin penumbuk purun dengan memanfaatkan papan bekas dan dinamo bekas kipas angin sangat menarik perhatian warga MAN 5 Amuntai terutama saat mesin itu berkerja saat dialiri aliran listrik. Sementara itu Lia Fatmasari ( XII Agama ) yang sehari-hari usai pulang sekolah membantu orang tua berkerja membuat anyaman rotan terlihat mengumpulkan talam dan tas rotan . Pot bunga yang besar yang terbuat dari lipatan kartu remi tanpa lem hasil kreasi Hadra ( XII Agama ) juga patut diacungi jempol. Terlihat pula bunga hias dari bekas sedotan , bekas minuman kemasan  dan plastik kresek  , kapal dari sisa potongan rotan, kaligrafi dan lain-lain membuktikan bahwa siswa MAN 5 Amuntai sangat kreatif dalam memanfaatkan limbah bekas.

Semua siswa saya minta mengerjakan tugas tanpa ada bantuan orang lain dan hampir semua membawa bahan ke madrasah dan mengerjakannya saat ada waktu lowong misalnya saat istirahat atau sebelum less sore dan kalau melihat  hasilnya terutama dari anyaman rotan dan purun juga mampu dipasarkan andai dibuat dengan skala yang besar/banyak  jelas Tamjidillah kepada Humas Madrasah pada Jumat (14/3).






No comments: