Home » , , , » Pembekalan Jurnalistik Untuk 5 Siswa Yang Akan Mengikuti Pelatihan

Pembekalan Jurnalistik Untuk 5 Siswa Yang Akan Mengikuti Pelatihan

Written By Unknown on Saturday, February 15, 2014 | 12:40:00 PM

 Jurnalistik adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, pemprosesan, dan penyebaran informasi, pendapat pemerhati secara sistematis dan dapat dipercaya untuk diterbitkan pada surat kabar, majalah atau dipublikasikan pada website. Sebuah berita jika disajikan haruslah memuat nilai berita di dalamnya. Nilai berita itu mencakup beberapa hal yaitu berdasarkan fakta, objektif,aktual dan penting yang didalamnya terkandung unsur-unsur 5W + 1H (Who - siapa yang terlibat di dalamnya?, What - apa yang terjadi di dalam suatu peristiwa?, WHERE - di mana terjadinya peristiwa itu?, Why - mengapa peristiwa itu terjadi?, When - kapan terjadinya? ,How - bagaimana terjadinya?).

Hal diatas adalah sekelumit bekal pengetahuan jurnalistik yang disampaikan Humas MAN 5 Amuntai M.Yusuf kepada 5 orang siswa ( Ahmad Baihaqi, Rima Yanti, Siti Badariah, Aida Fitriani dan Kamila ) yang akan mengikuti pelatihan jurnalistik dan mengelolaan mading. Pembekalan tersebut dilaksanakan diruang OSIS pada jam pelajaran 5-6  pada Sabtu (15/2) dan dihadiri oleh Wakamad Kesiswaan Sarimawati dan Pembina OSIS Ainu Redha.

Kalian dipercaya mewakili MAN 5 Amuntai untuk mengikuti pelatihan jadi manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan semoga dengan bertambahnya ilmu jurnalistik nanti kalian bisa membantu meliput menulis berita tentang semua kegiatan yang ada dimadrasah kita yang selanjutnya  akan dikirim ke website Kanwil Kemenag atau minimal kita publish pada website madrasah kita harap Yusuf. Dalam mengikuti pelatihan kalian jangan minder dengan peserta lain, Madrasah kita boleh letaknya terpencil , sarana masih kurang tapi dalam  publikasi madrasah didunia maya kita salah satu yang terbaik di Kalsel tegas Yusuf.

Sementara itu Wakamad Kesiswaan menyatakan 5 siswa tersebut akan menjadi Tim Pemberitaan yang bertugas membantu kinerja Humas Madrasah dan meminta para siswa untuk menulis berita tentang pelatihan jurnalistik dan mading yang mereka ikuti.

Ahmad Baihaqi yang juga ketua OSIS menyatakan sangat tertarik tentang ilmu jurnalistik dan semoga ilmu yang didapat akan bisa digunakan untuk mempublikasikan MAN 5 Amuntai dalam bentuk berita didunia maya.
Share this article :

0 comments:

Pengunjung

GALLERY KEPALA MAN 5 AMUNTAI

Labels

e-Learning

My Link