Sunday, March 6, 2011

UAM BN

Besok MAN/MA se Kalsel serentak melaksanakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) sehingga seluruh materi soal dalam rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab dibuat oleh pusat. Mata Pelajaran yang di-UAMBN-kan meliputi Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab + Mata Pelajaran yang di UN kan . UAMBN ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan di MI, MTs dan MA. Pemberlakuan UAMBN ini bertujuan memperkuat ciri khas madrasah sehingga perlu dilakukan penguatan pendidikan agama Islam dan bahasa arab di seluruh jenjang pendidikan madrasah.
Dengan adanya UAMBN ini, beban siswa madrasah menjadi lebih berat dibandingkan siswa sekolah umum. Sebab, selain dibebani dengan soal ujian nasional, seperti siswa sekolah umum, mereka juga harus berkonsentrasi pada mata pelajaran yang di-UAMBN-kan.
Mengenai soal Ujiannya tidak lagi dibuat oleh madrasah atau dikelola oleh lembaga pendidikan yang bernaung di bawah organisasi masyarakat. Tetapi dengan UAMBN ini soal dibuat oleh Pusat dengan melibatkan KKG untuk MI, MGMP untuk MTs dan MA.
Dengan demikian, semua madrasah selain mempersiapkan peserta didiknya untuk mengikuti UN maupun ujian madrasah, juga dapat memilih bahan ajar yang tepat sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar isi mata pelajaran Agama Islam dan bahasa Arab di Madrasah.
Berikut Jadwal Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) MAN 5 Amuntai : 7 Maret - 12 Maret 2011

No comments: